Resep Ketupat Spesial Lebaran Enak dan Kenyal

Inilah informasi Resep Ketupat Lebaran untuk anda yang ingin menyajikan makanan ketupat saat hari raya lebaran telah tiba, supaya bisa bersantap ria bersama keluarga besar di rumah dengan menu yang sangat khas di sajikan ketika hari lebaran nanti. Kali ini sengaja admin menyediakan artikel resep ketupat lebaran supaya dapat membantu ibu-ibu di rumah yang sedang mencari resep dan cara membuat ketupat yang super nikmat, legit, kenyal dan tahan lama tidak mudah basi saat di sajikan.

Resep Ketupat Spesial Lebaran Enak dan Kenyal
Bagi anda yang sedang mencari artikel Resep Ketupat Spesial Lebaran Enak dan Kenyal, Yuk mari semuanya sudah saatnya anda membuat ketupat untuk menu spesial di hari lebaran yang tentunya sangat cocok dengan menu pelengkap seperti opor ayam, sambal goreng kentang, rendang daging sapi, pindang telur dan lain sebagainya. Silahkan simak resep dan cara membuat ketupat spesial lebaran di bawah ini

Bahan - bahan :
- 1 liter beras
- 10 bungkus ketupat
- Garam secukupnya

Cara membuat ketupat lebaran :
- Sediakan 1 liter beras yang bagus dan bisa menghasilkan nasi pulen, lalu cuci bersih dan rendam beras tersebut selama beberapa saat kira-kira 30 menit.
- Siapkan bungkus ketupat dari anyaman daun kelapa (janur), Kemudian isi bungkus ketupat dengan beras yang sudah direndam sebanyak 3/4 dari besarnya bungkus ketupat (75% penuh).
- Didihkan air di panci dengan isi yang telah disesuaikan dengan jumlah ketupat yang akan direbus.
- Setelah air mendidih kemudian masukan bungkus ketupat yang telah di isi beras, Tunggu hingga 1,5 atau 2 jam sampai matang

Catatan :
- Bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih ketika merendam beras calon ketupat. Air kapur sirih membuat ketupat kenyal dan lebih awet.
- Tips dalam merebus ketupat ini adalah menunggu hingga air di panci mendidih terlebih dahulu agar ketupat bisa matang lebih cepat.
- Setelah ketupat matang, Sebaiknya langsung disiram air dingin. dan gantunglah di tempat yang mudah terkena angin, supaya kandungan air berkurang (jadi gak cepat basi), biarkan saja terus tergantung.