Resep Cara Membuat Seblak Basah Enak dan Sederhana

Resep Seblak Basah - Untuk informasi kuliner kali ini admin akan menyediakan sebuah artikel tentang resep dan cara membuat makanan atau cemilan yang sedang populer saat ini di kota bandung yaitu Seblak basah. Kreasi makanan terbaru yang sangat khas dengan rasanya yang pedas dan gurih ini terbuat dari kerupuk mentah yang di rebus dalam air mendidih.

Seblak basah disajikan dengan memiliki sedikit kuah sehingga tekstur nya sedikit kenyal dan cukup menggoda selera, seblak basah sangat di minati oleh para pecinta jajanan kuliner indonesia karena rasanya yang enak dan mantap untuk di santap bersama keluarga, selain itu harga yang di tawarkan oleh setiap kedai-kedai yang menyediakan jajanan seblak basah. Nah, bagi anda yang ingin membuat seblak basah di rumah sendiri, silahkan segera simak resep dan caranya di bawah ini.

Bahan-bahan :

- Kerupuk merah (mentah) sebanyak 1 ons, direndam dalam air mendidih
- Bakso sapi 3 butir saja, potong-potong sesuai selera
- Sosis ayam sebanyak 2 buah, potong-potong sesuai selera
- Telur ayam 1 butir saja
- Sawi putih secukupnya, potong-potong sesuai selera
- Kecap manis, pedas dan gurih (secukupnya)
- Air dan minyak untuk menumis (secukupnya)
- Gula dan garam (secukupnya)
- Penyedap rasa sesuai dengan selera (secukupnya)

Bumbu yang di haluskan :
- Cabai rawit merah (atur sesuai selera)
- Bawang merah sekitar 5 siung
- Bawang putih cukup satu siung
- 1 buah kunyit berukuran 2 cm
- 1 buah kencur berukuran 2 cm

Pelengkap :
- Bawang goreng (atur sesuai selera)
- Irisan daun bawang (atur sesuai selera)

Cara membuat seblak basah gurih pedas enak :
1. Pertama-tama cuci bersih kerupuk mentah yang telah di persiapkan tadi, lalu rendam kerupuk tersebut kedalam air yang mendidih (panas) sampai empuk, lalu teriskan.
2. Langkah selanjutnya panaskan minyak yang telahdi siapkan, lalu tumis semua bumbu yang telah di haluskan tadi, pastikan tumisan tersebut sampai mengeluarkan aroma atau bau masakan yang harum.
3. Setelah tumisan bumbu mengeluarkan aroma masakan yang harum, masukan sawi putih, bakso dan sosis ayam yang telah di potong-potong tadi ke dalamnya, masak sampai bumbu terlihat meresap ke dalam bakso dan sosis.
4. Kemudian masukan kerupuk merah yang telah di rendam air panas tadi ke dalam masakan tersebut, supaya tidak lengket tambahkan sedikit air.
5. Masukan garam, gula, penyedap rasa dan juga kecap pedas manis gurih yang telah di siapkan tadi, masak semua bahan sampai mengental, kemudian angkat dan sajikan ke dalam piring.
6. Taburkan bawang goreng dan irisan daun bawang tadi sebagai langkah penutup sebelum mencicipi.

Itulah Resep Cara Membuat Seblak Basah Enak dan Sederhana, mungkin caranya sedikit  lebih sulit daripada membuat seblak kering, namun dari segi rasa seblak basah ini tidak kalah enaknya oleh seblak kering. Untuk ibu-ibu yang senang mencoba membuat kuliner terbaru ini, silahkan sediakan bahan-bahan yang tercantum di atas lalu ikuti tata cara yang tersedia, selamat mencoba.